Seputar Mengapa Album Satu-satunya Hark! Its A Crawling Tar-tar Perlu Dirilis Ulang

Hark! Its A Crawling Tar-Tar adalah kolektif punk hardcore kolektif dari Bandung, Indonesia, terdiri dari Ari (vokal), Dede (gitar), Kenji (drum), Uwep (bass) dan Billy (gitar). Bangkit dari sisa-sisa Domestik Doktrin, band ini meneruskan pencapaian album kedua DD. Mereka merakit D-Beat punk dengan nuansa gelap dan epik, youth-crew singalong, vokal cutthroats, chorus gang, hardcore riff hardcore Scandinavian yang super catchy, riff metal dan dicampur dengan kecepatan dan kemurkaan thrash, sampels obscure dan bahkan folk yang hybrid. Sangat jelas mereka dipengaruhi oleh His Hero is Gone, Anti-Cimex, Diskonto, Uranus, From Ashes Rise hingga Tragedy, namununit lima orang menawarkan lebih dari sekedar versi Asia dari bandwagon nama-nama tadi. Dari catchiness yang disengaja hingga kekacauan yang datang tiba-tiba, setiap lagu di album ini menonjol, bahkan di era pasca Tragedy/From Ashes Rise.

Musik mereka yang menakjubkan didampingi dengan lirik politis mereka yang ditulis dengan unik. Urgensi revolusi kebudayaan ala hardcore punk yang mereka anjurkan nyaris tak tertandingi di antara skena hardcore punk Indonesia. Mash-up antara freestyle Gramscian dengan humor gelap dan politically-incorrect hardcore yang kental. Memaksa orang untuk mempertanyakan mindset diri merekaperihal banyak hal-hal yang dianggap umum dan bangkit melawan mentalitas budak. Mereka tidak membuatnya mudah bagi semua orang, (baca manifesto mereka dan Anda dapat melihat bagaimana mereka membangun perspektif mereka tentang hegemoni menggunakan metafora tar-tar dan pasta gigi), namun dengan musik mereka yang catchy-as-fuck membuat semua orang bernyanyi bersama dengan penuh semangat dalam kurun waktu eksistensi mosh pit mereka yang singkat itu.

Singkatnya, Hark! adalah salah satu band terbaik yang pernah keluar dari skena hardcore punk Indonesia. Mereka meninggalkan jejak dan pengaruh besar tapi sayangnya, tidak berlangsung lama. Eksistensi mereka yang berumur pendek meninggalkan marka monumental yang membuat kami memutuskan untuk menyebarkan warisan mereka dengan merilis ulang satu-satunya album mereka untuk pertama kalinya di Indonesia. (Ironisnya, CD debut mereka dahulu dirilis oleh label Singapura, Thrash Syndicate Mantap pada tahun 2006, dan jujur, kami berterima kasih kepada mereka).

Hark! adalah salah satu band yang pergi sebelum kalian benar-benar pernah tahu mereka ada namun meninggalkan kita dengan karya yang menakjubkan ini.