Flukeminimix merupakan satu dari sedikit saja grup yang memiliki konsistensi dan intensitas pada eksplorasi musik dan irisannya dengan proses mengalami. Beranggotakan Farris Karamy Gibran (piano, guitar, vocal), Ibrahim Adi Surya (lead guitar), Rangga Damaputra (guitar), Iqbal Amarullah (bass, glockenspiel), Roby Aldino (drum), sejak mereka mulai tergabung, mereka memainkan musik yang tidak terpisahkan dengan pencarian nilai. Baik secara sublim atau tidak, mereka dengan sadar menjadikan musik mereka media ekspresi, kecendekiaan hingga pencarian transendental.

Meski mereka tidak berusaha untuk memainkan musik yang definitif atas alasan keengganan mereka membatasi ruang eksplorasi suara dalam proses pencapaian harmonisasi musik, sejak awal perjalanannya di 2008, Flukeminimix memainkan musik yang berada dalam garis pengaruh band instrumental (sebagian orang menyebutnya post-rock) seperti Godspeed You! Black Emperor, Thee Silver Mt. Zion Memorial Orchestra, Black Ox Orkestar hingga Russian Circles, bahkan grup musik yang bereksperimen dengan tekstur seperti Fennesz dan Re. Bagi mereka yang pernah menyaksikan penampilan live mereka, baik dalam format band memainkan lagu mereka maupun dalam mood eksperimen seperti menerawang Boscha dan mengiringi tarian, akan paham bagaimana mereka memaknakan ‘pengalaman’ tadi.

Pasca kemunculan mereka di beberapa kompilasi dan melahirkan debut eksperimen mereka dengan kedipan bintang pada ‘Pulsating Star’ dua tahun lalu, mereka menulis materi baru untuk album yang lebih terstruktur dalam komposisinya. ‘Between Spaces Into Space’ merupakan rangkaian 7 lagu hasil sesi studio tersebut. Kali ini grup asal Bandung ini meneruskan eksperimen sonik dan konekstitas visual mereka dengan memainkan musik rock instrumental melodramatis, ambient, drones dengan materi yang berkali lipat lebih kuat dari debut mereka. Mulai dari “Seeds of Grey” yang sinematik, menangkap tragedi roman pada “Salmon”, “Chariot and the Warriors of Silence” yang semurung derap mars kekalahan perang, “Immaculate Conception” yang transendental hingga “Epitaphios” track penutup yang penuh drone bersahutan.

Album ini dikerjakan dalam kurun waktu 2 tahun secara simultan di studio mereka. Dengan sampul album dengan artwork dari Herry Dim, perupa ikonik Bandung, ‘Between Spaces Into Spaces’ merupakan salah satu album lokal paling intens tahun 2015 ini.

Flukeminimix - Between Spaces Into Space


Artist: Flukeminimix
Format: CD
Type: LP
No Catalog:
Release Date: 5 September 2015

Tracklisting

01. Seeds of Grey 02. Chariot and the Warriors of Silence 03. Salmon 04. Acomodador 05. Lumpurumput 06. Immaculate Conception 07. Epitaphios https://soundcloud.com/grimloc/flukeminimix-chariot-and-the-warriors-of-silence https://soundcloud.com/grimloc/flukeminimix-immaculate-conception https://youtu.be/qjRje_ma_Yg